Minggu, 17 Agustus 2014

5 SMA terbaik di Indonesia


1. SMA Taruna Nusantara Magelang

Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai "pemuda dari seluruh pelosok pulau" (taruna = pemuda, nusa = pulau). Dengan model sekolah unggulan berasrama sekolah ini menggodok siswanya untuk menjadi yang terbaik. Siswanya dikenal langganan juara Olimpiade Fisika/Matematika/Lomba KIR Nasional, dll. Juga pernah menyabet emas olimpiade fisika di Mongolia pada tahun 2007. Siswanya tidak hanya dituntut cerdas secara intelijensia, tapi juga tangguh secara fisik dan mental. Siswanya berasal dari seluruh Indonesia.

Tapi SMA yang satu ini juga salah satu SMA dengan biaya termahal. Di tahun 2012 uang pangkal Rp. 25 juta, dan SPP Rp. 3,5 juta, kemudian untuk pendaftar kategori kontribusi khusus ditambah sumbangan minimal Rp. 60 juta. Tapi hal ini dibayar tuntas dengan apa yang diberikan kepada siswa, terlebih karena bersistem asrama.


2. SMAK 1 BPK Penabur Jakarta

Sekolah yang terletak di Jln. Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat ini punya satu kebanggaan yang diakui di Indonesia. SMAK 1 BPK Penabur ini adalah sekolah yang langganan banget menjuarai Olimpiade Matematika dan Fisika. Sekolah milik yayasan Kristen ini memiliki Semboyannya adalah Iman, Ilmu & Pelayanan.

Sekolah yang gedungnya bertingkat 8 ini juga punya ekskul-ekskul yang tidak perlu diragukan lagi prestasinya. Baru-baru ini, ekskul paduan suaranya yang bernama SMUKIEZ Choir berhasil jadi juara 2 di Intercultural Vietnam International Choir Competition sebagai Categori Winner and Gold Diploma di Vietnam pada Desember 2012 lalu.


3. SMAN 8 Jakarta

Sekolah yang satu ini memiliki alumni-alumni yang banyak tersebar di perguruan tinggi bergengsi di Indonesia, bahkan di luar negeri. Di level lokal internasional alumninya masuk ke Arizona State University, Bellerbys College London, Manchester City College UK, Monash University Australia, Greenriver Community College USA.

Sekolah yang telah menyatakan sebagai sekolah bebas banjir ini lagi dan lagi mematok passing grade tertinggi di Jakarta. SMAN 8 Jakarta atau SMANDEL sangat populer dengan prestasi dan reputasinya yang bagus, seperti status Sekolah Unggulan dan Plus tingkat Provinsi sejak tahun 1994 – 1996, peringkat teratas tingkat provinsi maupun nasional dalam EBTANAS dan UMPTN, adanya Program kelas Akselerasi, jadi pusat Sumber Belajar Astronomi dan Fisika tahun 2004 dan dipilih sebagai Cambridge International Center pada tahun 2007.


4. SMAN 3 Bandung

Sekolah ini beralamat di  Jalan Belitung  Bandung. Hampir semua orang yang tinggal di Bandung tahu keberadaan sekolah ini. Sekolah yang terkenal dengan gedung bergay klasik ini sangat favorit dan memiliki banyak lulusan yang diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB), bahkan konon saking banyaknya yang diterima, mereka ibarat pindah kelas ke ITB saja. Dan ITB sering disebut Institut Tiga Bandung.

Sekolah ini menggunakan kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) seperti halnya mahasiswa. Makanya mereka berusaha untuk tidak mengulur waktu. Artinya mereka lebih mempercayai sistem sendiri daripada sistem dari pemerintah yang selalu berubah. Otomatis prestasi-prestasi akrab untuk siswa dari sekolah ini, seolah mereka tinggal memilih medali, emas, perak, atau perunggu.


5. MAN Insan Cendekia, Serpong

Nama Insan Cendekia pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, kalau menyebut nama Insan Cendekia saya langsung mengaitkan pada dua hal : ICMI dan Habibie. Termasuk sekolah baru, namun prestasinya luar biasa. Berasrama penuh, tapi tanpa mengedepankan pola hidup semi militer. Menitikberatkan penguasaan IPTEK & IMTAK kepada para siswanya. Di daerah Bogor, dan beberapa wilayah Jakarta, masuk IC adalah tujuan utama.

Pada tahun 2011, tiga belas perwakilan dari MAN Insan Cendekia Serpong menjalani Olympiade Sains Nasional di Manado. IC meraih 3 medali emas dan 5 medali perak. Tiga emas di dapat dari bidang: Astronomi, Komputer, dan Kimia. Lima perak didapat dari  bidang: biologi, Ekonomi, Astronomi, dan kebumian.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar